Rachmasesilliand's Blog

Penyakit Cacar (Herpes)

Posted on: January 11, 2010

Penyakit Cacar atau yang disebut sebagai ‘Herpes’ oleh kalangan medis adalah penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung berisi air secara berkelompok. Penyakit Cacar atau Herpes ini ada 2 macam golongan, Herpes Genetalis dan Herpes Zoster.

Herpes Genetalis adalah infeksi atau peradangan (gelembung lecet) pada kulit terutama dibagian kelamin (vagina, penis, termasuk dipintu dubur/anus serta pantat dan pangkal paha/selangkangan) yang disebabkan virus herpes simplex (VHS), Sedangkan Herpes Zoster atau dengan nama lain ‘shingles’ adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster yang menimbulkan gelembung cairan hampir pada bagian seluruh tubuh.

Herpes zoster juga dikatakan penyakit infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) karena virus yang menyerang adalah sama, Hanya terdapat perbedaan dengan cacar air. Herpes zoster memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di bagian punggung, dahi atau dada.

  • Cara Penularan Penyakit Cacar (Herpes)
  • Secara umum, seluruh jenis penyakit herpes dapat menular melalui kontak langsung. Namun pada herpes zoster, seperti yang terjadi pada penyakit cacar (chickenpox), proses penularan bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah. Pada penyakit Herpes Genitalis (genetalia), penularan terjadi melalui prilaku sex. Sehingga penyakit Herpes genetalis ini kadang diderita dibagian mulut akibat oral sex. Gejalanya akan timbul dalam masa 7-21 hari setelah seseorang mengalami kontak (terserang) virus varicella-zoster.

    Seseorang yang pernah mengalami cacar air dan kemudian sembuh, sebenarnya virus tidak 100% hilang dari dalam tubuhnya, melainkan bersembunyi di dalam sel ganglion dorsalis sistem saraf sensoris penderita. Ketika daya tahan tubuh (Immun) melemah, virus akan kembali menyerang dalam bentuk Herpes zoster dimana gejala yang ditimbulkan sama dengan penyakit cacar air (chickenpox). Bagi seseorang yang belum pernah mengalami cacar air, apabila terserang virus varicella-zoster maka tidak langsung mengalami penyakit herpes zoster akan tetapi mengalami cacar air terlebih dahulu.

  • Tanda dan Gejala Penyakit Cacar (Herpes)
  • Tanda dan gejala yang timbul akibat serangan virus herpes secara umum adalah demam, menggigil, sesak napas, nyeri dipersendian atau pegal di satu bagian rubuh, munculnya bintik kemerahan pada kulit yang akhirnya membentuk sebuah gelembung cair. Keluhan lain yang kadang dirasakan penderita adalah sakit perut.

  • Penanganan dan Pengobatan Penyakit Cacar (Herpes)
  • Pada penderita penyakit cacar hal yang terpenting adalah menjaga gelembung cairan tidak pecah agar tidak meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk bagi kuman lain (infeksi sekunder), antara lain dengan pemberian bedak talek yang membantu melicinkan kulit. Penderita apabila tidak tahan dengan kondisi hawa dingin dianjurkan untuk tidak mandi, karena bisa menimbulkan shock.

    Obat-obatan yang diberikan pada penderita penyakit cacar ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala yang ada seperti nyeri dan demam, misalnya diberikan paracetamol. Pemberian Acyclovir tablet (Desciclovir, famciclovir, valacyclovir, dan penciclovir) sebagai antiviral bertujuan untuk mengurangi demam, nyeri, komplikasi serta melindungi seseorang dari ketidakmampuan daya tahan tubuh melawan virus herpes. Sebaiknya pemberian obat Acyclovir saat timbulnya rasa nyeri atau rasa panas membakar pada kulit, tidak perlu menunggu munculnya gelembung cairan (blisters).

    Pada kondisi serius dimana daya tahan tubuh sesorang sangat lemah, penderita penyakit cacar (herpes) sebaiknya mendapatkan pengobatan terapy infus (IV) Acyclovir. Sebagai upaya pencegahan sebaiknya seseorang mendapatkan imunisasi vaksin varisela zoster. Pada anak sehat usia 1 – 12 tahun diberikan satu kali. Imunasasi dapat diberikan satu kali lagi pada masa pubertas untuk memantapkan kekebalan menjadi 60% – 80%. Setelah itu, untuk menyempurnakannya, berikan imunisasi sekali lagi saat dewasa. Kekebalan yang didapat ini bisa bertahan sampai 10 tahun.


    Informasi Penyakit dan Pengobatannya pada 18:27

    35 Komentar:

    • obat yang bagus apa? trus nyebar ga? n makanan pantangannya apa? bisa ga herpes timbul karena faktor keguguran? kasih gw info donk………

      Oleh Blogger adinda, Pada 21 Maret 2008 21:06

    • Pengobatan penyakit cacar berfokus pada keluhan yang timbul, misalnya demam, menggigil, nyeri dipersendian, bintik kemerahan pada kulit yang akhirnya membentuk sebuah gelembung cair.

      Obat yg seharusnya diberikan :
      1. Paracetamol tablet
      2. Acyclovir tablet
      3. Bedak Talek
      4. Vitamin Neurobian/neuroboran

      Hindari makanan yg memang anda alergi bila memakannya, terutama yg menyebabkan gatal agar tidak bertambah gatal pada gelembung cacar. Lainnya tidak ada pantangan khusus, bahkan harus meningkatkan konsumsi makanan bergizi untuk perbaikan daya tahan tubuh.

      Keguguran tidak ada hubungannya dengan herpes (cacar). Herpes disebabkan oleh virus yang masuk melalui sentuhan kulit, bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah, serta prilaku sex (ML, oral sex) seperti pada herpes genetalis.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 24 Maret 2008 02:39

    • Anak saya berusia 16 bulan terkena cacar air. Apa obat yang pas untuk anak seusia dia? Mohon juga petunjuk pemakaiannya…

      Terima kasih

      Oleh Anonymous darnoji, Pada 9 Oktober 2008 12:54

    • Buat Darnoji :
      Cacar pada bayi umumnya tidak menimbulkan komplikasi, dapat sembuh dengan perbaikan daya tahan tubuh (pemberian vitamin). Namun demikian gejala demam dan gatal menjadi perhatian kita tentunya.

      Anak Anda dapat diberikan (puyer) zovirax (obat yang kandungannya Acyclovir). *Tablet Acyclovir 20 mg per kg berat badan 4x/hari.

      Oleskan Salep zovirax dan bedak salicyl pagi dan sore setelah mandi.

      Berikan penurun demam (syrup paracetamol) sesuai dosis petunjuk pada kotak obat.

      Anak Anda dapat dimandikan dengan air mandi dicampur PK (Kalium Permanganat) atau dettol supaya bersih dari kuman yang menempel dan anak akan merasa segar.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 10 Oktober 2008 17:28

    • aku tinggal serumah dengan iparku, dia kena cacar lagi sejak tanggal 26 okt 08 kemaren (waktu kecil pernah kena), gimana cara menghindari penularannya sama keluarga yang lain?, soalnya aku masih punya bayi umurnya 10 bulan, aku khawatir banget…

      Oleh Blogger Reni, Pada 29 Oktober 2008 10:49

    • 1. Proses penularan bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah. Nah, upayakan sebisa mungkin menghindari hal-hal tersebut.

      2. Bagaimana imunisasi MMR bayi Anda? karena beberapa wilayah ada yang sudah memberikan pd bayi usia 9 bulan.

      3. Immun bayi umumnya masih jauh lebih baik dari seseorang dewasa, pemberian ASI yg baik sangat membantu memberikan daya tahan tubuh sang Bayi terhadap kekebalan penyakit. Semoga begitu pula dengan bayi Anda, sehingga terhindar dari kemungkinan tertular cacar.

      4. Klo pun terjadi penularan cacar pada bayi Anda, ikuti langkah yang saya jelaskan terhadap komentar saudara Darnoji.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 29 Oktober 2008 20:20

    • teman saya mengalami bengkak pada bagian mata, dan pada bagian paha mengalami kulit yg memerah…….
      setelah ke dokter dia divonis mengalami penyakit herpes
      yg saya mau tau jenis herpes ap yg diderita teman saya…
      dan berbahaya ga??

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 8 Desember 2008 11:36

    • Anonim (Tentang herpes) :
      Anda mengatakan bengkak pada mata dan merah bagian paha, apa tidak salah mendeskrisikan itu?

      Herpes adalah penyakit cacar, jadi bukan pembengkakan. Melaikan adanya gelembung berisi cairan. Kalau maksud Anda adanya gelembung kemerahan di area tersebut, maka teman Anda terkena herpes Zoster.

      Ini tidak begitu berbahaya, Hanya perlu meningkatkan gizi agar daya tahan tubuh pulih kembali. Selanjutnya adalah meminum obat penurun panas dan Acyclovir (antiviralnya).

      Oleh Blogger khomsah, Pada 8 Desember 2008 13:55

    • saya mau tny..usia saya thun ini 21 th,,saya belum pernah berhubungan intim paling jauh hanya ciuman..tetapi di lingkar pinggang saya ama selangkangan sampai ke pantat semua ada bekas warna coklat seperti bekas luka.awalnya gatal,setelah saya garu ternyata berubah spt tu.apa itu termasuk herpes???kira – kira penyebabnya apa??padahal saya tidak punya alergi terhadap makanan.sementara ini saya hanya menggunakan minyak “Tawon”.Gatalnya agak berkurang tetapi bekasnya belum hilang.Lalu cara pengobatan yang efektif bagaimana???Trima kasih sebelumnya..tolong jawaban dikirim ke email saya ( surya_3005@yahoo.co.id )

      Oleh Blogger 86 -, Pada 5 Januari 2009 22:04

    • Jawaban Buat 86 :
      Dari cerita yang disampakain, kami menduga itu adalah suatu ekzima yg berawal dari faktor allegi. Pencetus allergi mungkin dari pakaian dalam yang kotor, jenis bahan, terlalu ketat.

      Anda dapat menggunakan salep kulit yang mengandung hydrocortison dan antibiotik (Betason-N). Semoga lekas sembuh!

      Oleh Blogger khomsah, Pada 6 Januari 2009 15:27

    • kalo obat untuk penghilang noda bekas herpes zoster apa ya?nyeri akibat penyakit itu juga masih timbul tenggelam, untuk menghilangkan nyeri itu obatnya apa ya?terimakasih!

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 2 Februari 2009 15:00

    • Herpes? Cobalah Daun Petai

      Saya pernah terserang herpes. Sebelah leher dan tengkuk melepuh seperti luka bakar. Nyeri dan panas, rasanya. Atas saran dokter, saya kemudian mengonsumsi tablet acyclovir dan tablet neurobion. Untuk mengobati luka pada kulit, saya juga memakai salep acyclovir. Tapi karena rasa nyeri dan panas pada kulit susah hilang, kemudian saya mencoba obat alternatif yang mudah, murah dan mujarab.
      Dalam hal ini, saya memakai daun petai (Parha speciosa). Caranya: daun-daun petai yang hijau dan berukuran kecil-kecil itu digerus hingga lumat, ditambah dengan sedikit air. Setelah lumat, ramuan itu kemudian dioleskan pada permukaan kulit yang terserang herpes. (Untuk mengoleskannya, saya sendiri menggunakan kuas kecil seperti yang lazim digunakan untuk mengoleskan bedak).
      Hasilnya luar biasa: ramuan yang terasa dingin itu ternyata mampu meredakan rasa nyeri dan panas. Bahkan permukaan kulit yang tadinya menggelembung itu pun kemudian mengempis. Setelah ramuan itu kering, saya ulangi pemakaiannya beberapa kali hingga kulit yang terserang herpes terasa pulih kembali.
      Barangkali Anda juga dapat mencoba ramuan alternatif ini. Mudah-mudahan, Anda lekas sembuh.

      (Hawe Setiawan, Bandung)

      Oleh Blogger hawe, Pada 4 Februari 2009 09:39

    • 1. herpes genetalis sama ga ma HIV ?
      2. pengobatan herpes genetalis bagaimana dan menyebabkan kematian tidak ?
      3. herpes genetalis dan herpes zoster berapa lama sembuhnya ?

      Oleh Blogger miraclecinta, Pada 5 Februari 2009 17:07

    • kalo timbul kayak cacar air disekitar kemaluan wanita itu penyakit herpes atau apa? trus obatnya apa?
      terima kasih

      Oleh Blogger subhan, Pada 7 Februari 2009 08:05

    • dok, sudah seminggu ini di hampir sekujur badan saya timbul bintik merah dan sangat gatal, tidak banyak, tapi ada di setiap bag tubuh (di kaki 3 bintik, tangan kanan & kiri @ 2 bintik, pinggang, betis, leher, masing2 3 bintik), sejauh ini tidak mengandung air. tapi ada satu bintik di kaki kiri yang agak besar (yg lain kecil2) dan mengandung air.
      sakit apa ya saya dok?apa herpes?mhn jawabannya, saya hrs minum obat apa?terimakasih…

      salam,
      bundanaufal

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 16 Februari 2009 14:30

    • Buat Bunda Naufal :
      Data yang anda berikan kurang mendukung untuk ditegakkan diagnosa herpes. Apakah ada demam? perih disekitar bintik-bintik tersebut?

      Namun yang jelas kemungkinan besar itu disebabkan jenis virus, Saya hanya dapat menyarankan supaya hubungi dokter atau pelayanan kesehatan terdekat.

      Oleh Blogger khomsah, Pada 16 Februari 2009 16:21

    • saya terkena di bagian penis tp saya tidak pernah melakukan oral sex dan sebagainya, apakah bisa karena hal lain? bahaya tidak ya?

      Oleh Blogger qwerty, Pada 4 Maret 2009 17:48

    • saya terkea herves disekitar/atau mungkin seluruh leher saya leher, hervesnya teras panas namun tidak gatal atau yang lain.tolond donk…saya minta saran untuk menggobati penyakit ini!!!!!!

      plese saya menunggu.
      tolong segera kirim pesan sebelum penyakitnya sembuh.

      trimakasih…**

      Oleh Blogger Complete problem, Pada 9 April 2009 17:11

    • apa benar penyakit herpes genetalis bisa menyebabkan kemandulan

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 29 April 2009 16:33

    • gmna cara ngilangin bekas cacar air yg udh lama dan bekasnya udh jd keloid..
      trme ksh

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 11 Juni 2009 09:05

    • Saya remaja berumur 19tahun. Saya mengalami cacar air/herpes dan sudah menjalar d sekujur tubuh. Saya sudah meminum obat acyclovir dan salepnya juga. Yang jadi pertanyaan saya adalah seberapa lama penyakit ini menyerang. Berikan jawabannya karena saya harus beraktivitas di kampus. Terima kasih. Danie

      Oleh Blogger Danie, Pada 30 Juni 2009 09:29

    • selamat malam dok..kalo bayi berumur 10 bulan menderita penyakit herpes zoster (hampir di seluruh bagian tubuhnya bercak n bergelembung merah) dan kata dokter itu herpes,sudah di beri obat tapi belum ada perubahan.. menurut dokter bagusnya di beri obat apa ya dok? terima kasih dok

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 12 Juli 2009 19:39

    • Dokter,
      anak saya 1.3thn terkena Herpes setelah cek DSA,
      ada bercak merah dan bergelembung berisi air di sekitar leher dan kepala. saya sudah berkan salep Acyclovir dan lr PK (untuk mandi).
      kemungkinan sembuhnya berapa lama yah?, kasihan melihat si kecil jadi gerah dan gatal.
      DSA juga memberikan Antibiotik “Amoxicilin”, apakah perlu minum obat ini?, karena Herpes karena virus bukan bakteri

      mohon pencerahannya

      Thanks,
      Hardi

      Oleh Blogger Hardiyanto, Pada 17 Juli 2009 17:42

    • dok dulu saya pernah kena yang katanya HSV sekarang muncul lagi di bagian lengan areanya tidak seluas dulu cirinya putih seperti terbakar api rokok tapi tidak ada cairan justru bagian putih tersebut masuk ke bagian dalam kulit apakah benar ini disebabkan virus hsv?
      apakah hsv itu virus turunan dari cacar air? waktu kecil saya pernah kena cacar air
      dulu saya terjangkit herpes setelah berjalan jauh dengan kendaraan motor sekarang mucul lagi setelah camping di bukit, dari proses tsbt apakah virus ini bisa menular atau aktif dari udara karena perubahan suhu?
      dari wikipedia katanya belum ada obat buat mematikan virus ini apa itu benar?
      sebelumnya saya ucapkan terima kasih terimakasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 24 Juli 2009 18:33

    • pak, saya penderita herpes zoster.saya sudah mengkonsumsi obat dari dokter & sama persis yang telah bapak sebutkan sebelumnya
      1. Paracetamol tablet
      2. Acyclovir tablet
      3. Bedak Talek
      tapi selama 2 minggu ini saya masih belum juga sembuh dan tidak ada perubahan yang buat hati senang.
      dan pertanyaan saya pak.
      apakah ada obat yang lebih bagus dari itu?
      mohon bantuanya pak…
      karena saya harus kembali ke kampus untuk kembali belajar seprti dulu.
      terima kasih….
      semoga tuhan membalas kebaikan bapak.
      amin…

      Oleh Blogger can u help me?, Pada 29 Juli 2009 21:00

    • Oleh Blogger budi.santoso0818, Pada 12 Agustus 2009 10:47

    • Halo,pak. Saya ingin bertanya, saya sakit hampir 1 minggu. Awalnya flu, demam, menggigil, mata panas, nafas juga panas, badan pegal2, kepala berat, susah berkeringat. Di hari ke-3,muncul bercak2 kemerahan di kulit tapi tidak ada gelembung air dan terasa agak gatal.
      Kata dokter, saya terkena virus. Apa virus yang menjangkit saya ini masih dalam satu turunan dengan virus cacar air?
      Terimakasih

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 26 Agustus 2009 10:01

    • Dok klo mndinya pke air hngat atau air biasa?

      Oleh Blogger Taufik Saefuddin, Pada 29 Agustus 2009 01:19

    • PA,… MOHON BANTUANYA BANGET,…
      SAYA PRIA BERUMUR 40 TH,…SETAHUN YG LALU SAYA PERNAH TERKENA HERPES TAPI LUPA JENISNYA, ,…. YAITU SEKITAR DADA DEPAN MELINGKAR SAMPAI PUNGGUNG SEBELAH KIRI. PERSIS GARIS MELINGKAR SETENGAH,…
      PADA SAAT ITU SAYA DIBERI OBAT ANTI VIRUS, PENURUN PANAS, DAN ANTIBIOTIK, SERTA VITAMIN YANG CUKUP MAHAL. ALHAMDULILAH SEMBUH PA,..!!!
      CUMA MASALAHNYA ADALAH :
      1. SETELAH SEMBUH BEKAS SAKIT TERSEBUT MENJADI BAAL KULITNYA DAN SERING GATAL2,…NGILU,…DAN SUDAH BERLANGSUNG SAMPAI SAAT INI.
      2. KLO BEBAN KERJA SAYA TINGGI LUPA MAKAN DAN CAPEK,…MUNCUL LAGI BINTIK2 MERAH PERIH DAN PANAS DIBAGIAN LAIN, DAN SEIRING DGN DIOBATI SEMBUH KEMBALI.

      PERTANYAANYA :
      1. ADAKAH OBAT DAN CARA UNTUK MENGHILANGKAN SAKIT BEKAS HERPES YANG SEPERTI SAYA SEBUTKAN NO 1 TADI PA (ATAU BAAL YANG MELINGKAR DI DADA SAMPAI PUNGGUNG KIRI ) ,…?
      2. BISAKAH DIIMUNISASI KEMBALI ,…?

      CATATAN :
      SAYA PERNAH TERKENA CACAR AIR DIWAKTU KECIL LEBIH KURANG WAKTU BERUMUR 10 TAHUN.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 5 September 2009 09:49

    • saudara saya pernah menderita cacar air,
      setelah 8 atau 9 hari saudara saya sudah biasa di katakan sembuh.
      setelah 7 hari badan saudara saya gatal-gatal dan keluar bercak kehitam-hitaman,
      lalu saudar saya memeriksakan ke dokter kembali,
      kata dokter cacar saudara saya yang kemarin belum keluar semua karna di tahan oleh daya tahan tubuh saudara saya.

      PERTANYAAN :

      1. Apakah benar yang di katakan dokter bahwa cacarnya belum keluar semua sebab di tahan oleh daya tahan tubuh saudara saya ??

      2. Apakah saudara saya bisa terserang penyakit Herpes Zoster dan HIV ??

      TOLANG JAWABANNYA !!!
      SEBELUMNYA TERIMA KASIH.

      Oleh Blogger randis, Pada 29 September 2009 11:30

    • isteri saya saat ini sedang hamil 6 bulanan, dilengannya muncul merah melingkar dan tengahnya perih dan memar, dan dipunggung kiri ada gelembung kecil berisi air dan sekarang menjalar ada merah2 di sekitar pipi kiri dan telapak tangan sebelah kanan. menurut dokter kulit kemungkinan terkena sejenis herpes(virus kulit), dan dikasih salep Acyclovir 5%, dan dikasih obat Imboost force dan Asthin Force.
      Pertanyaan:
      1.Apakah benar itu penyakit herpes? apakah bisa menular dengan sentuhan? dan berbahaya tidak buat janin?
      2. Bagaimana solusi pencegahan dan pengobatannya yang cepat mengingat isteri saya sedang hamil?

      terimakasih.
      ditunggu masukannya.

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 22 November 2009 10:50

    • permisi dok , saya wanita umur 17 tahun . sudah beberapa bulan ini saya terserang penyakit yg saya tidak ketahui . gejalanya bintik” merah di sekitar daerah kelamin dan pantat . kalau di garuk dy tambah gatal dan semakin membesar .
      penyakit apa itu dok ? apa obatnya ? thx .

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 14 Desember 2009 04:04

    • Sekilas riwayat penyakit herpes saya :
      -waktu kecil pernah kena herpes di mulut (kelas 3sd) justru saya tau itu herpes setelah sekarang dewasa dan dapat info dari internet, dgn gejala bibir melepuh pecah-pecah dan sempat dirawat di RS selama beberapa hari. setelah itu hingga sekarang sering kambuh disekitar bibir, namun timbulnya kecil2 berair dan berkelompok dan setelah becah dalam beberapa hari hilang dan tidak meninggalkan bekas, sangat disesalkan orang tua saya tidak memberitahukan bahwa pada saat kecil saya terkena herpes ini, hingga sekarang saya tahunya justru dari informasi di internet.
      - Smp kelas II saya terkena cacar air
      - Sekarang usia saya 35 th dan terserang herpes lagi di tangan kanan, oleh dokter sudah diberikan obat dan salep untuk herpes, setelah hampir 2 minggu benjolan2 tersebut sudah mengering, apakah ada efeknya ke buang air seni yang terasa panas..? namun saat herpes mengering rasa panas pada saat buang air juga berkurang..?

      Setelah membaca beberapa referensi mengenai herpes ini, saya juga jadi teringat bahwa anak saya yang ke 2 pada usia 3th juga pernah terkena herpes di telinga, saya juga ingat orang tua saya laki2 juga pernah terkena herpes di leher, bahkan hingga mengganggu saraf mulut (mulut sampai mencong2 tidak bisa berbicara) namun setelah menjalani terapi orang tua saya sembuh kembali..

      pertanyaannya :
      1. apakah istri saya juga sudah terkena herpes walaupun hingga kini dia belum menunjukan gejalanya..? namun dia mengalami alergi di sekitar kulit kelamin seperti bintil2 yang terasa gatal, namun kata dokter itu efek dari pemakaian KB suntik yang 3 bulanan, sekarang dia memakai KB suntik yang 1 bulan dan bintil2 serta rasa gatel sudah menghilang.
      2. apakah herpes kulit dan kelamin itu sama/beda..? atau pembedaan nama diberlakukan karena perbedaan lokasi terkenanya?
      3. apa solusi yang paling baik buat saya pribadi agar periode herpes dibibir saya tidak cepat dampaknya dan tidak menulari orang lain?, karena dari referensi yang saya baca, herpes akan timbul lagi pada saat kondisi tubuh turun/drop
      4. Perilaku apa yang harus saya ajarkan ke keluarga saya agar virus ini tidak berkembang ke semua keluarga ataupun pada orang lain..?
      5. dengan perilaku sex oral kami , apakah ini berbahaya dok untuk penularannya, mengingat saya sudah termasuk positif herpes..?

      Oleh Blogger Samson, Pada 18 Desember 2009 11:40

    • Hi…
      Suami saya mengalami Herpes beberapa bulan lalu..dan beliau sempat di rawat 5 hari di RS..dan sesampai na di rumah saya lah yg mengurusi suami saya…dan dengan usil na saya mengelopeki yang sudah kering terkadang masih ada yg basah…apakah itu akan menular ke saya nanti na???
      dan bagai mana dengan anak2 saya yang masih suka cium dan peluk2 ayah na…apakah mereka akan tertular juga dengan penyakit Herpes???

      Oleh Anonymous Anonim, Pada 19 Desember 2009 15:53

    • istri sy di nyatakan herves sama dokter hasil lab menyatakan IgG HSV 2 positip dan IgM HSV negatip, kira kara berbahaya ga dok?

      Oleh Blogger iwan, Pada 25 Desember 2009 22:09

    Poskan Komentar

    Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

    << Halaman Muka



    Panduan Artikel Kami

    Penyakit, Gejala, Penularan dan Proses pengobatannya seperti penyakit TBC, Hepatitis, HIV Aids, Pneumonia, Cacar (Herpes), Kolera (Cholera), Meningitis, kanker (Cancer), Darah Tinggi (Hypertension), Asma (Asthma), Diabetes Mellitus (DM), Demam Berdarah Dengue (DBD), Malaria, Gagal Ginjal, Penyakit Jantung dan lain-lain.

    <!–

    Mengenai Saya

    Nama: khomsah

    Lihat profil lengkapku

    –> 27 Tamu Online


    Berminat Pasang Iklan Disini?Tarif Periklanan Anda
    Hubungi via email di :
    :

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: